Kamis, 03 Januari 2013

Radio Telesonic NT 903

Radio transistror telesonic ini saya peroleh di pasar Kranggan Yogyakarta saat akan selesai studi S-1 tahun 2000 dalam keadaan mati total. Saat itu sebenarnya hanya ingin mencari varco logam, di trotoar saya  melihat seorang ibu tua menjajakan loakan radio tua dan komponen elektronik, termasuk varco logam yang saya cari. Seperti tidak butuh saya tanyakan harga radio dan varco logam,  semuanya Rp 15.000,- setelah tawar menawar sedikit, langsung saya bayar.


Sampai di kost saya bersihkan  radio telesonik lawas warna biru, betapa senangnya tenyata radio ini masih menggunakan varco logam. Beberapa hari kemudian mulai perbaikan, karena PCB rusak parah saya putuskan untuk membuat baru. Proses pembuatan PCB baru sederhana, PCB lama dilepas komponennya kemudian ditempelkan pada PCB baru dengan ukuran dan bentuk yang sama.  Selanjutnya pengeboran mengikuti PCB lama, setelah PCB baru dibor dilanjutkan dengan menggambar jalur-jalur mengikuti pola PCB lama, selanjutnya proses pelarutan. Setelah pelarutan selesai dan dibersihkan dilanjutkan pemasangan komponen dan perakitan kembali. Sedikit tuning pada osilator dan IF radio telesonic ini sudah bisa bernyanyi.

Ketika pembuatan PCB baru, saya juga merubah rangkaian PA menggunakan IC LM 386 sehingga rangkaian lebih sederhana. Saat itu saya tidak memikirkan bahwa nantinya radio telesonic lawas ini akan lebih bermakna dalam keadaan original.

2 komentar:

  1. wow... ini radio kenangan saya masa kecil dengan almarhum bapak saya.

    kalau berniat buat menghibahkan,saya terima dengan ikhlas, hehehheehhe(tentunya dg mahar yg sesuai).

    BalasHapus
  2. Trims Mas Kunjungannya, maaf saya juga punya kenangan dengan radio ini khususnya yang warna merah

    BalasHapus