Rabu, 16 Januari 2013

Pemancar AM 80 Meter Praktis

Ngebrik di 80 meter band dengan mode AM bagi sebagian breaker masih merupakan favorit,  walaupun tidak efisien dalam bandwidth dan power. Mode AM lebih leluasa dalam penggunaan modulasi, tentunya kita harus lebih bijak penggunaan power dan modulasinya. Walaupun merakit pemancar AM lebih mudah dari SSB, tidak sedikit pemula mengalami kesulitan merakitnya. Di sini saya mencoba berbagi merakit pemancar transistor AM 80 meter dengan RF PA menggunakan low cost mosfet dengan skema yang biasa saya gunakan. Skema ini merupakan desain terakhir saya, sederhana dengan ouput power hampir 80 W.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah  box, kalau anda hanya untuk sekedar mencoba merakit tentunya box tidak menjadi pertimbangan, tetapi kalau anda serius box menjadi perhatian. Biasanya apabila pemancar telah jadi, tetapi boxnya jelek kita akan mengganti kembali, maka desainlah box yang cantik. Box sebaiknya menggunakan alumunium, ukuran disesuaikan dengan tata letak komponen.  Perkirakan tata letak komponen, terutama komponen-komponen bagian final yang mengandung RF seperti varco logam dan tank coil jangan sampai terjadi umpan balik.
1. Merakit Rangkaian Osilator
Rangkaian osilator  merupakan bagian pertama yang dirakit, mulailah dengan membuat PCB, anda bebas menggunakan jenis PCB dan teknik pembuatannya. Rangkaian osilator ini terdiri dari dua tingkat, rakitlah satu tingkat terlebih dahulu. Gunakan kapasitor polystyrene untuk C yang terhubung seri antara basis dan ground. Lilitan osilator harus  rapat dan tidak goyang, untuk RFC pada kaki emitor tranasistor apabila anda tidak memiliki RFC 2,5 mH 100 mA dapat menggunakan trafo IF, lepaskan kapasitornya, gunakan yang kaki dua. Setelah komponen terpasang pada PCB, pasanglah kabel untuk power supply dan kabel untuk varco (implementasinya kabel pendek saja dan tidak goyang), gunakan varco hanya satu gang. Apabila tidak ada yang salah signal sudah bisa dimonitor di radio SW, coba anda perhatikan apakah frekuensi bergeser  signifikan. Apabila osilator selalu bergeser gantilah C polystyrene, biasanya kualitas kapasitornya yang buruk.


Lanjutkan pemasangan komponen untuk tingkat kedua, output osilator menggunakan kabel coaxial 50 ohm. Setetah selesai coba anda cari orang yang lagi ngebrik mode SSB, beat frekuensi tersebut, biasanya anda sudah dapat memonitor dengan baik dan perhatikan berapa lama osilator anda bergeser dengan mendengarkan tone-nya. Anda bisa search di google syarat-syarat kesetabilan VFO konvensional.


2. Merakit Rangkaian Buffer-Driver-Final
Sambil menjajal osilator anda persiapkan untuk merakit bagian buffer, driver dan final. Mulailah dengan membuat membuat PCB, biasanya saya lakukan dengan pemasangan komponen pada  sisi tembaga, sehingga tidak melakukan pekerjaan pemboran. Setelah selesai PCB lanjutkan pemasangan komponen, kerjakanlah hanya pada bagian driver sampai C koplingnya. Untuk menjajal rangkaian ini hubungkanlah kabel coax dari rangkaian osilator dan kabel power supply, ouput driver setelah C kopling pasang lampu keci 12 V dengan ground.  Hidupkan osilator pada frekuensi 3,5 Mhz, kemudian hubungkan tegangan buffer-driver, apabila rangkaian benar lampu akan menyala dan singnal di radio anda bertambah besar.



Mulailah dengan membuat trafo modulasi, lilitan drain final dan tank coil seperti keterangan pada skema. Lanjutkan pemasangan komponen untuk bagian final, pastikan heat sink transitor sudah terpasang. Hubungkan supply tegangan bias (input 7805) ke sumber tegangan 12 V,  Atur tegangan bias mosfet 2 V diukur pada kaki tengah potensio terhadap ground. Hubungkan ouput pemancar anda ke SWR/Power dan dummy load, hubungkan tegangan 60-75 V DC pada rangkain final melalui fuse 3 A. Apabila rangkain benar power SWR menunjukkan pada harga tertentu, aturlah tap pada tank coil dan putar-putar varco lagam sampai didapatkan power maksimal. Apabila anda menggunakan feeder  TV sebagai penghantar antena gunakan varco logam dua gang  renggang, menggunakan feeder coax gunakan varco logam dua gang rapat.


Setelah rangkain bekerja baik, selanjutnya finishing, anda bisa merancang saklar zerro beat dan sistem relay (switch break). Rapihkanlah pengkabelan, anda dapat memasang level  utuk memudahkan tuning final dan lampu indikator untuk mempercantik tampilan. 

   

66 komentar:

  1. seperti gambar diatas dah mancar bagus ya 11 RLJ

    BalasHapus
  2. kalo ngrangke mudah tidak ya untuk mencari RFC dikudus sulit tolong dong kasih info dimana kalo beli RFC dari jnsr_kds@yahoo.co.id 11 RLJ sarjono dari Kudus

    BalasHapus
  3. Saya sudah membuatnya 6 buah tanpa kendala (pasti jadi) dan semuanya masih mancar sampai sekarang. Dari teman-teman (lokal Tanjung Karang Lampung) yang memakainya mereka sudah berkomunikasi sampai Aceh, Bali dan Kalimantan, ya tentunya kalau propagasi lagi baik. Sayang rekan-rekan jawa tengah ngebriknya kebanyakan di 4 MC jadi gak ketemu. Desainya biasa saja, osilator juga sederhana tapi sudah cukup baik untuk komunikasi sesama AM. Untuk RFC masih ada di satu toko di Yogya yang 300 mA banyak, harganya sekitar Rp 7500, bisa saya bantu. Trims komenya Mas

    BalasHapus
  4. Sy hby ngebrik tapi di2m band. Spertinya 80m lbh menarik. 15th yg lalu sy sempat punya yg bikin temen disurabaya, tapi belum sempat menggunakan sudah keburu pindah kemakassar. Kira2x ada nggak temen 2x dimakasar yg bisa merakit 80m band. Mksh.;

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bisa saya di sudiang bisa kita sama. Sama merakit 80 m

      Hapus
    2. saya digowa bung Ersa.......
      colek di 144900 operater TOTENG......

      Hapus
  5. Benar mas Puji, 2 meter bagi sy nggak menarik juga walaupun sy ada perangkatnya. Seingat saya breaker AM dari Sulawesi belum pernah ketemu, yg ada dari Kalimantan Bali yang terjauh. Kalau Sumatra dari Aceh sampai Lampung ada. Pertanyaan ini juga pernah ada dari kalimntan, saya arahkan ke breaker yang ada di sana. Coba mas Puji gabung di grup FB Homebrew Amatir Radio Club Indonesia, 80 MBand Homebrew Lampung, dan Komunitas Pecinta Radio Bodol, disana bisa mendapatkan banyak informasi, trims mas Puji atas kunjungannya ke blog saya, salam

    BalasHapus
  6. Salam Kenal Mas Bro,..saya sdh lama sekali tinggalkan oersoalan rakit merakit ini,..tp sekarang keinginan muncul lg,.tp persoalannya bahan2 tersebut sdh jarang dan sulit di cari,...
    Kl boleh saya pesan 1 unit ,kira2 harganya berapa??

    Ini no hpku,..081316227897

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Mas itu habis berapa ngrakitnya. Salam anak UGM juga blog saya di www.maspoeloeng.wordpress.com saya juga cinta radio 2 meter band tapi belum pernah makai 80 meter band

    085 725 977 517/ 08113306904
    pin BB 27D9EE8E

    BalasHapus
  9. mas itu untuk lilitan osc nya bisa di kasi tau lebih detail mas??? saya tertarik mau nyoba ne

    terima kasih

    BalasHapus
  10. untuk penerima radiox rakit juga atau gmana? Kra2 habis berapa ya

    BalasHapus
  11. Jadi inget waktu saya mancar pake ACCU dan nyoldernya pake solder bakar, dari Ngawi dulu Bos . . . !
    OK jalan terus 3.5MC

    BalasHapus
  12. Untuk lilitan osilator 40 lilit kawat 0,2 mm pada koker slug tune 8 mm intinya dipakai, varconya pakai yang logam atau plastik 2x2250 PF satu gang saja

    BalasHapus
  13. Untuk RFC final sesuai foto dililit di toroid ukuranya berapa ya....salam.

    BalasHapus
  14. Mas, kalo boleh kirimi lewat email saya PCB SKEMA PEMANCAR AM 80 BAND. TERIMAKASIH BANYAK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, PCB masih tradisional belum dibuat banyak, trims

      Hapus
    2. 0m zaidir kalo pesan yg sudah siap mngudara bisa ga? mohon info scepat nya trimksih sblum nya..083870464869

      Hapus
  15. Salam kenal mas Zaidir, kalau sekarang udah bisa pesen pesawatnya...
    Kalau bisa kirin scan untuk PCB nya mas ke email saya denapermana90@yahoo.com.

    Salam
    Dena
    JZ10VDN - YC1FCK dari Bandung Selatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Pak saat ini saya masih mengerjkan punnya teman2 lokal. PCB masih tradisional tidak dibuat banyak.

      Hapus
  16. Terimakasih sudah berbagi.
    Jadi teringat masa lalu.
    Kapan terima pesanan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pak, belum bisa karena masih ada daftar tunggu teman2 lokal, trims

      Hapus
  17. Salam hangat dan kenal mas ...saya sdg belajar merakit dan hobby elektronika saya minta dikirmkan via e-mail pcb pemancar 80 meter band ke mathbahlul.love1972@gmail.com terimaksih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf PCB masih tradisional, tidak dibuat banyak, trims

      Hapus
  18. Mas Beli PCB kosongannya Bisa Gk ,thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, PCB masih tradisional tidak dibuat banyak, trims

      Hapus
  19. Salam kenal om zaidir... Ane pernah di ceritain sama bokap, dlu brliau pernah jd briker amatir di depok sama tmen-temen nya... Awal 2005 ane coba rakit dngan skema hasil ingat-ingat bokap.. Tp gagal smua.. Kata beliau di Depok skrng udah susah cari alat nya.. Perti varco besi dan rfc... Apa om bisa bntu..?? Saya pingin iseng2 rakit lagi.. Buat nostalgia bokap..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas, wah senang sekali bisa diwariskan hobi bokapnya. Kalau komponen masih banyak teman-teman yang menyimpan termasuk saya. Rakit aja dengan serius jangan iseng-iseng he he he nanti saya bantu dan gabung aja di grup 80 MBand Homebrew Lampung, masih banyak teman-teman yang aktif, thank's

      Hapus
    2. Maaf baru balas. Wah senang sekali bokap bisa menurunkan hobinya, salut untuk anda bisa tertarik. Komponen masih banyak yang mebnyimpan kalau di toko sudah susah jadi rakit aja dengan serius jangan iseng-iseng he he he nanti saya bantu. Gabung di grup FB 80 MBand Homebrew Lmpung untuk menambah teman dan wawasan sambil merakit, thanks's

      Hapus
    3. Pak saya Nasrul dr Aceh mau tanya kira2 brp hrg satu unit Krn Sy pingin jg membeli nya
      Terima kasih

      Hapus
    4. Pak saya Nasrul dr Aceh mau tanya kira2 brp hrg satu unit Krn Sy pingin jg membeli nya
      Terima kasih

      Hapus
    5. Pak ini no hp/wa Sy 081269165140 Nasrullah dr aceh. Pak Sy udh coba menghubungi no bpk to TDK bisa. Tlg pak hub wa Sy.

      Hapus
  20. Mantap mas bro,pcb buffer sampai final mbok di photo,jadi bisa nirun catterane hhhh edisi copy,dan final pernah nyoba irf jenis lain?
    Salam 88,lek odol solo

    BalasHapus
  21. Finalnya bisa diparalel gak Bro? apa perlu tambahan komponen lain?

    Salam

    BalasHapus
  22. Salam om Zaidir Jamal, melihat blok anda mengenai AM80 saya jadi termotivasi kembali ingin merakit dan ngebrik di AM 80 meter band. Saya pikir sudah tidak ada lagi yang bermain disana. Ketika masih di bangku sekolah tahun 88 saya merakit AM80 meter mengunakan transistor 4 tingkat dan kemudian merakit lagi menggunakan tabung 6L6 1 tingkat saja.
    Tapi sekarang sisa merakit tersebut sudah tidak ada.

    Saya mohon ijin menggunakan rangkaian om Zaidir Jamal yang terlihat lebih praktis dan pada final nya menggunakan mosfet.

    Hanya saja di tempat saya di Balikpapan kesulitan mencari RFC 2.5mH yang 100mA, 200mA dan 300mA. Bila berkenan mohon kiranya dibantu bila di kota anda masih ada yang menjualnya.

    Wasalam,
    -ahim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  23. salam kenal om Zaidir Jamal
    bisakah saya pesan ?
    untuk biaya berapa

    BalasHapus
  24. Salam mas bro, PCB nya masih ada ya

    BalasHapus
  25. Teten rustendi 081320911331 saya punya pesawat ssb transceifer merk radio comunication tapi saya nga ngerti cara pemakaiannya gmn bos cara sama yeasu ft 300 dan hf 6801 pemakaian nya antena nya gmn bentuknya

    BalasHapus
  26. Teten rustendi 081320911331 saya punya pesawat ssb transceifer merk radio comunication tapi saya nga ngerti cara pemakaiannya gmn bos cara pemakaian nya antena nya gmn bentuknya

    BalasHapus
  27. Saya pesan 1 unit yg siap pakai, berapa harganya ya?

    BalasHapus
  28. Ces pleng aja. Sama sama pernah nyalain neon di 80 m. Saya nanya satu aja. Bila pakai coax 50ohm .titik umpannya dimana.tolong diameternya. Apa juga dipasang lpf
    Ini

    BalasHapus
  29. Ces pleng aja. Sama sama pernah nyalain neon di 80 m. Saya nanya satu aja. Bila pakai coax 50ohm .titik umpannya dimana.tolong diameternya. Apa juga dipasang lpf
    Ini

    BalasHapus
  30. selamat siang om Zaidir Jamal, saya dari Ambon Maluku ingin pesan 1 unit yang siap pakai, harganya berapa ya.Ini nomor HP saya, 081247315518.

    BalasHapus
  31. Mas Zaidir, kl bleh tahu itu pesawat yg mas raki pk mosfet kira2 out put nya bs brp watt Mas lebih kurangnya kl ngerakit nya betul. Salam kenal dr sy "Siera Bravo Depok"

    BalasHapus
  32. Halo Mas Zaidir, kl bleh tahu kira2 out put nya kl ngerakit Dari skema yg punya Mas Zaidir buat itu berapa watt tuh.
    Salam kenal dr sy "Siera Bravo Depok"

    BalasHapus
  33. Met sore mas Zaidir Jamal sudah 30 th saya tinggalkan ngebrik kini membaca tulisan mas Zaidir saya jadi kepingin lagi sayang pesawat sdh melayang entah dimana. Kalau ada pcb osc maupun rangkaian lainnya mohon infonya. MAHFUDHI - KUDUS

    BalasHapus
  34. saya teringat thn 85 saya buat dengan tabung 3 tjngkat dengan finalnya 807 4 biji ngebrik palembang & Tj krng tiap hari ALFA jULIAT ONE Mas AJI TJ PRIOK salam rekan semua reoni rakit lagi ya OK

    BalasHapus
  35. Baca ulasan ini saya jd teringat thn 80an rakit pemancar 80mtr dg tabung 4 tingkat, osc+buffer pk 6cl6, driver 5763, final 2x 6146 tegangan 600volt antena open dipole 1/2 lamda lumayan ngobrol kesesama breakers se indonesia. Dulu callsign sy YD6 HBF dri medan. Salam kenal buat rekan2 semua disini.

    BalasHapus
  36. salam 80m band inginnya band ini rame lagi...

    BalasHapus
  37. Pengen ngrakit tapi band 80 meter sepi..gak ada yg komunikasi.Jadi ragu untuk mulai kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambah ramai am pwm hf di frekwensi 4.... Sampai 4 poin7...

      Hapus
  38. Sementara hanya tinggal kenangan dulu

    BalasHapus
  39. salut, sekarang band plad AM 80mb sudah resmi di pergunakan untuk AM dari 3.650 - 3.700 Mc dan allmode di 3.580-3.600 Mc dan 3.700-3.775 utk Komunikasi Reguler ( PERMEN NO 17 TH 2018 )

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum mas Zaidir Jamal saya Andi dari Padang Sumbar. 21 th saya berkecimpung ngebrik di 80 m sekarang sudah ndak ada lagi
    membaca tulisan mas Zaidir saya jadi kepingin lagi. Saya mau pesan sama mas berapa harganya tolong mas hubungi nomor saya 085274942616

    BalasHapus
  41. Aslm saya juga mau pesan pak tolong di wa kan saja harganya ke wa 08126730629 (edi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2jt tinggal pakai
      Ada yg 3 jt 600
      80 m band. Am pwm hf
      Hub didit poncol.di fb group radio bodol

      Hapus
  42. Tx-100 gelombang SW masih ada ga yaa..??

    BalasHapus
  43. Mana ini yg punya blok belum buka² bloknya

    BalasHapus
  44. Yang punya blok lg cuti mungkin sabar mas. 😃

    BalasHapus
  45. Untuk varco logam masih banyak di lapak online mas

    BalasHapus