Selasa, 15 September 2020

Up-grade Pemancar Tabung Sugriwo

Jumpa lagi setelah sekian lama absen, mudah-mudahan pada sehat,  Alhamdulillah sekarang saya memilik waktu walaupun sedikit untuk menggeluti kembali hobi utak atik maenan jadul pemancar AM serta mendokumentasikan di blog ini.

Bersama teman-teman lokal Lampung khususnya kota Bandar Lampung meninginkan kembali untuk aktif kembali di dunia pengebrikan AM, maka  mengajak kembali Bapak Sugriwo atau Walidi yang kebetulan pemancarnya masih utuh hanya perlu dikoprek sedikit saja he he he. Setelah menemui Bapak Sugriwo ternyata beliau minta sekalian di tambah DDS. Kebetulan saya menyimpan DDS buatan Pak Dian Bandung yang belum sempat saya pergunakan, tetapi DDS belum dilengkapi dengan PTT. Berhubung  kurang aktif di FB saya menghubungi Bang Oni Radio Kuno untuk order DDS buatan Adiba versi terbaru.

Singkat cerita, DDS saya tambahkan buffer dua tingkat kemudian saya suntikan ke driver 6V6 TX tabung (sebelumnya 6L6). Penguat pertama menggunakan transistor C1957 kemudian tingkat kedua mengunakan mosfet IRF 510. Berikut ini hasil utak atik hingga bisa terbang he he.


 Bersama Imam Branti Lampung Selatan direkam oleh Udin Tanjung Karang Pusat












   

3 komentar:

  1. Tx tube jadul, pake dds canggih, muantaff tenan man bro Jamal

    BalasHapus
  2. Di sini masih banyak yg suka TX AM Tabung Om Tulus, maka sedikit diberi sentuhan moderen lah he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas pingin pemanvarnya yg final mosfet tinhgalpakai harga berapa

      Hapus