Kamis, 08 Mei 2014

Restorasi Radio Star

Radio Star ini saya dapat dari Surakarta pada 4 Mei 2014 dalam keadaan untested tidak ada speaker. Seperti biasanya saya bersihkan kotaknya dicuci dengan deterjen, sambil menunggu kering selanjutnya membersihkan "mesinnya".  Setelah dibersihkan mulai mengidentifikasi kerusakan, dimulai dengan memasang speaker sementara.


Karena komponen masih original dan lengkap saya berikan sumber teganggan 6 volt, bunyi desah tapi tidak ada tanda-tanda bagian IF dan mix-osc bekerja. Dugaan awal bagian IF tidak bekerja maka saya cek semua transistor bagian tersebut, hasilnya baik, tapi  tidak ada suara sedikitpun hanya nois. Penasaran saya cek lagi bagian PA, berfungsi kalau dipegang inputnya bunyi tapi  tidak bisa menguatkan sinyal dari IF. Sepetinya harus di cek satu persatu transistor bagian PA. Ternyata benar seluruh transistor bagian PA sudah berubah karakteristiknya. Transistor final dan drivernya saya ganti produk Toshiba, originalnya Sanyo.



Setelah bagian PA normal saya cek kembali bagian IF dan osc-mix hasilnya baik, dilanjutkan dengan membuat back ground panel skala dari kertas tebal dan jarum penunjuk menggunakan kawat email 1mm.




Selanjutnya memasang speaker 4 ohm 1,5 watt, antenna, per battery holder baru, siap dimasukkan ke kotaknya.


Karena radio ini band SW1 dan SW2, menunggu malam hari untuk "menjajal" mendengarkan BBC World Service. Sambil menunggu malam saya mencoba menetapkan frekuensi oscillator menggunakan dua buah radio, satu sebagai referensi dan satu lagi sebagai monitor. Pada malam harinya BBC World Service dengan mudah diterima, saya pilih stasiun RRI Palangkaraya Kalimantan yang pancarannya lemah untuk men-trim IF. Selesai, radio Star yang komponenya buatan Sanyo siap untuk dinikmati

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar