Senin, 19 Mei 2014

Menghidupkan Radio Tjawang

Radio Tjawang ini berasal dari seseorang yang baik hati di Pasar Baru Imogiri Yogyakarta pada pertengahan bulan Mei 2014. Sebenarnya radio ini bukan target karena saya sudah punya, tetapi karena kondisi komponen masih lengkap bahkan lebih (dimodifikasi MW), tertarik juga. Kekurangan hanya loud speaker yang sobek dan tutup tidak original.


Setelah dibersihkan, perbaikan dimulai dari bagian PA, bagian ini berfungsi baik. Agar coil oscillator tidak rusak akibat PCB yang dibolak-balik saya pasang baut panjang untuk melindungi. Selanjutnya ke bagian IF, transistor IF pertama rusak saya ganti dengan 2SA12. 
   

Selanjutnya memasang varco, coil antena dan re-wiring bagian mix-osc,  tidak begitu rumit karena hanya satu band. 


Setelah bagian mix-osc berfungsi dilanjutkan dengan  menambal loud speaker yang sobek dan memasang battery holder yang baru. "Mesin" siap dimasukan ke casingnya.





Untuk menepatkan frekuensi oscillator digunakan satu radio sebagai referensi. Setelah frekuensi kira-kira tepat dan bisa menerima sinyal oscillator, langsung mengetrim IF dengan mendengarkan suara desah sinyal, sehingga nanti malam tidak berlama-lama ngetrim. Pada malam hari  seperti biasanya BBC World Service sudah bisa dimonitor, saya coba untuk ngetrim IF lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar