Selasa, 13 Mei 2014

Restorasi Radio National "Macan"

Radio National "Macan" ini didapat dari Purworejo Jawa Tengah pada awal Mei 2014 dalam keadaan tidak ada loud speaker dan beberapa komponen lainnya. Sebenarnya radio ini bukan target karena saya lebih menyukai radio transistor yang masih menggunakan transistor germanium dan varco logam, varco plastik kurang awet dan lebih susah mencarinya dari pada varco logam.



Setelah dibersihkan selanjutnya memasang loud speaker, beruntung saya masih mendapatkan asli brand National Indonesia. Sebelum menguji bagian PA mengganti potensionya, karena sulit mencari yang porosnya panjang, terpaksa yang poros pendek dengan sambungan, tetapi tetap potensio vintage. Bagian PA berfungsi normal, tetapi bagian IF belum berfungsi, maka saya cek masing-masing transistor, ternyata salah satu transistor tidak tidak mendapat tegangan bias karena salah satu resistornya tidak ada. Setelah resistor bias dipasang bagian inipun berfungsi.



Selanjut ke bagian mix-osc, kelebihan komponen mungkin pernah dimodifikasi, bagian ini hanya kurang kapasitor trimer dan coil antena MW. Trimer belum saya pasang, langsung untuk mengujinya diawali dengan memasang coil antena MW, bagian ini tidak berfungsi. Terlihat bagian ini baik-baik saja, ternyata kapasitor kopel ke penala hubung singkat. Setelah diganti belum berfungsi juga, terlihat kedua spoel oscillator pernah diganti, maka saya ganti dengan yang baru untuk MW ukuran mini, kalau spul SW jangan harap mendapatkan yang baru. Masih belum berfungsi, maka saya ganti lagi dengan spul MW ukuran besar (ex. radio telesonic), tidak berfungsi juga. Akhirnya saya mencoba membalik jalur PCB sekunder spul osc, berhasil,  mungkinkah spul osc aslinya urutan pinya dibuat khusus?. Untuk sementara saya nikmati dulu siaran MW sambil membuat knob band selector ex. potensio lama. Keesokan harinya saya ke pasar loak mencari radio rusak untuk mencari spul osc SW. 

Setelah dipasang spul SW  ada tanda-tanda bekerja, kemudian saya gunakan satu radio untuk menepatkan frekuensi oscillatornya dan sebaiknya apakah sudah bisa menerima sinyal oscilator. Setelah yakin band SW berfungsi selanjutnya memasang antena baru, kapasitor trimer  osc ex. radio telesonic dan trimer antena NOS. Pada malam hari BBC World Service dimonitor dengan baik maka selesailah restorasi radio National "Macan".


Tidak ada komentar:

Posting Komentar