Selasa, 27 Oktober 2020

Ngoprek radio SSB ku

Hampir 2 tahun radio SSB ngambek gak mau mancar hanya bisa nge-receive. Saat ini saya punya waktu untuk ngoprek dan lagi propagasi lagi sedang tidak bagus, maklum sudah musim kemarau. Radio SSB ini saya beli jadi (modul) dari Pak Dian Bandung (Ham Builder). Keputusan untuk membeli dikarenakan saya sudah tidak banyak waktu untuk merakit yang rumit-rumit dan memakan waktu yang panjang. Saya menambahkan penguat linear low cost mosfet tetapi karena menurut saya kurang memuaskan dibongkar kembali, Kurang memuaskannya adalah menyedot arus yang begitu banyak he he.


Ok mulai ngoprek........
Berbekal multi meter dan frekquency counter saja, dimulai dengan mengecek sinyal di balanace modulator, RF Ok tetapi AF dari pre amp mic gak ada, langsung saya cabut transistornya ganti dengan C828, alhamdulilah sudah keluar sinyal dari balance modulator. Merambah ke bagian selanjutnya, filter OK, balance mixer OK, BPF OK, dipenguat RF bermasalah, ternyata resistor pembagi tegangan yang ke positif putus, saya ganti dengan resistor metal film 1/4 watt. Selanjutnya transistor berikutnya OK, tetapi ada yang aneh menurut saya, cara pemasangan potensio gain RF,  lupakan dulu kembali ke transistor berikutnya, pengukuran OK tetapi sinyalnya kecil, langsung saya cabut terlihat BD 139, saya ganti dengan transistor RF C1957 persamaan C 2028 hasilnya OK. Kembali ke potensio gain RF, saya modifikasi sedikt menambahkan C kopel 100n sehingga tegangan di kolektor  tidak terhubung langsung ke potensio, Saya atur potensio sehingga tidak berlebihan dan terjadi osilasi di penguat akhir.



Test beberapa kali ngoceh panjang OOOKKKEEEE, AAAAA........SIUL....... transistor final OKE OKE saja. Ngoprek selesai, copot dummy load ganti dengan antena, jajal untuk terbang walaupun daya yang minim, lumayan bisa contact dengan Karang Anyar Jawa Tengah.


 

Selanjut saya akan membuat Pengaut RF Linear dari Transistor VHF.........

Salam 73

Tidak ada komentar:

Posting Komentar