Kamis, 24 April 2014

Restorasi Radio Coty

Radio transistor Coty band SW 1 buatan Jepang  ini saya dapat dari Salatiga pada 26 Desember 2013 dalam keadaan mati, beruntung komponen boleh dikatakan lengkap. Restorasi dilaksanakan pada 22 April 2014, seperti biasa kotak dibersihkan dicuci dengan deterjen, sambil menunggu kering identifikasi kerusakan dimulai.






Setelah mengamati beberapa saat sepertinya hanya komponen yang kurang lengkap yaitu kapasitor kopel ke varco dan penala antena, coil antena (MW) tidak sesuai,  potensio sudah rusak serta pengkabelan dan jakur PCB putus. Pengujian dimulai dari penguat akhir sekaligus mengganti potensio ternyata baik , berikutnya penguat IF  juga baik. 

Berikutnya memasang kapasitor kopel dan coil antena SW 1 kemudian menguji rangkaian mixer oscillator, sudah ada tanda-tanda befungsi. Sampai disini ditunda menunggu malam hari untuk nge-trim oscillator dan penguat IF. Selanjutnya mengelem kotak yang retak dan memasang dudukan PCB yang patah dengan lem  plastic steel.


Sekitar jam 20.00 WIB dimana BBC World Service sudah mengudara dimulai nge-trim oscillator dan penguat IF yang sebelumnya memasang tali gelombang menggunakan benang sol sepatu. Tanpa berlama-lama nge-trim cukup bisa menangkap BBC saya anggap sudah cukup, PCB siap dimasukkan ke kotaknya, siap untuk dipandang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar