Minggu, 08 Desember 2013

Menghidupkan Radio Philips L5X

Radio ini didapat dari Purwokerto Jawa Tengah pada akhir November 2013 dalam keadaan mati total, beberapa komponen tidak ada.







Perbaikan dimulai dengan melengkapi komponen (kapasitor milar) yang tidak ada setelah mendapatkan manual service hasil searching di internet. Beikut langkah-langkah perbaikan:
               - Mengganti kedua transistor PA dengan 2SB 178
               - Mengganti transistor penguat antena (mixer) dengan 2SA 341
               - Mengganti transistor osilator dengan 2SA 102
               - Mengganti transistir IF pertama dengan 2SA 101





Radiopun sudah dapat berbunyi tetapi SW 3 mengalami masalah pada saklar band selektor, terpaksa SW 3 tidak difungsikan mengingat rumit memperbaiki saklarnya. Finishing  ngetrim penala dan IF kemudian mengelem lapisan kulit sintetisnya.




3 komentar:

  1. Mas, salam kenal... saya diminta tolong mbetulin radio ibu saya, itu radio tens tipenya apa gak kelihatan sudah kabur catnya. Radio masih berfungsi baik, rusaknya hanya masalah benang varco yg putus, bisa gak Mas kasih tip bagaimana cara memasang benang yg mudah tapi bisa seret ngak longgar, apa bagian yg ada per-nya dipasang dulu atau belakangan, susahnya kalau mau menarik benang suka2 lepas sana sini, maklum gak ada pengalaman masang benang tsb, lagi ukuran roda dan pernya kecil banget, mata ini sudah mata tua he3,.... tolong dibalas di email saya aja ya mas, di indrasung@gmail.com, banyak terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapkan seutas benang (bisa benang sol sepatu) dan per yang belum diikatkan. Mulai dengan memutar roda varco mentok ke kiri, ikatkan benang pada lubangnya roda varco, telusuri jalurnya setelah ketemu poros tuning lingkarkan 3 putaran yg arahnya sesuaikan kalau tuning diputar kekiri benang mengencang, lanjutkan menelusuri jalurnya. Setelah ketemu roda varco lingkarkan 2 atau 3 kali. Putar tuning sampai benang kencang, pasang per pada ujung benang roda varco dan kaitkan. Semoga dapat membantu

      Hapus
  2. Saya punya radio philips L5X tetapi kondiai sudah rusak saya mencoba memperbaiki hanya bisa di bagian audio amplifier, mohon info kalau ada yang bisa service atau schemetik diagramnya mengingat kondisi wiringnya ada yg lepas. Trims

    BalasHapus