Selasa, 12 Februari 2013

Need to Restored 807 transmitter

Pemancar tabung ini saya rakit tahun 2001, tujuannya efisiensi mengingat saat itu saya hanya untuk ngebrik lokalan saja dan sebagai pemanasan untuk menghidupkan kembali pemancar lama dengan final 2x12GB7. Pemancar AM tabung ini saya gunakan hanya satu tahun, tahun 2002 saya hibahkan ke sahabat Imam kemudian setelah 807 habis masa pakai  finalnya diganti dengan 2x6146.
          Osilator : 6AQ5
          Buffer   :  6V6
          Final     : 807 RCA
          Teg.      : 600 V





6 komentar:

  1. Salam kenal mas. Saya Yudi di Jakarta. Saya lagi pengen reconstruct pemancar tabung tapi sudah kehilangan skema. Saat ini saya ada tabung 6AQ5, 6V6, 6L6, 12GB7 apa punya skemanya? kalau bisa rangkaian final dgn 12GB7. Terima kasih banyak

    BalasHapus
  2. Mas Yudi bisa pakai skema postingan pemancar 2x6146, tetapi bagian finalnya gunakan atomatic bias aja biar lebih sederhana dengan R 22 k ke ground jelasnya dari G1 seri RFC kemudian R 22k kemudian ke ground. Tabungnya dah cukup Mas di rakit aja, trims kunjungannya

    BalasHapus
  3. Mas, saya kurang jelas dgn PSAnya. Berapa ya nilai2nya Elco dan bridge diode-nya? Kalau Fixed biased itu utk apa ya? Kalau filamen khan langsung dari trafo. Utk 12GB7 atau 6L6 outputnya berapa? maaf banyak nanya, karena benar2 sdh terhapus dari ingatan. Terima kasih

    BalasHapus
  4. Itu saya pake elco bekas power supply komputer tegangannya kalo gak salah 330 v, jadi saya pake 4 buah diseri karena trafonya dibridge 600 v. Kalau pake elco dipasran yang untuk TV teg.nya 400 V cukup dua saja diseri. Dioda bridgenya pake 1N3408 (3 A 800 V). 6L6 sekitar 10 Watt, saran saya OSC pake 6Q5, BUFF 6V6 FIN 12GB7, 6L6 nya untuk cadangan BUFFER aja. Kalau 12GB7 sampai sekarang saya belum pernah lihat data persisnya untuk telephony cuma vilamennya aja 12 V. Ya karena kita homebrew samain aja dengan data 807. Saya pernah pake 2 batang diload maks 300 mA dengan power 600 V. jadi kasih aja plate 600 V, G1 -90 V, G2 200 V. Untuk mengetahui tegangan bias G1 -90 dengan Rg1 22 k, setelah OSC dan buff hidup diresonansikan (ditune buff), tabung final dipanaskan tanpa tegangan plate ukur tegangan di R22k klau kurang dari 90 berarti dorongan dari buffer kurang-klau tegangannya lebih befrarti dorongan buffer kelebihan. Apabila dorongan buffer sudah kuat tapi tegangan kurang berarti lampu finalnya dah abis emisinya.

    Sori mas bukannya mengajari tapi sekedar share, mudah2an mengingat kembali, trim

    BalasHapus
  5. Wah terima kasih sekali mas.. Aku bener2 perlu info ini, krn sdh blank di kepala.. nanti mgkin saya banyak nanya lagi mas..

    BalasHapus
  6. Satu belum sy jawab, fixed bias tegangan bias negatif untuk grid 1, pake power supply yang tegangan. Kalau yg simpel automatic bias cukup pake R grid aja seperti jawaban sebelumnya (teg. bias), trims

    BalasHapus